Rabu, 17 Oktober 2012 - 14:56:02 WITA
Sambutan Kepala Dinas Kehutanan pada Seminar Hasil Penelitian
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 3832 kali

Kontribusi HHBK di NTT dirasa belum memberikan kontribusi yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat. Sementara ada banyak HHBK yang belum termanfaatkan di NTT. Sebenarnya HHBK mempunyai potensi yang besar mengingat HHBK yang berasal dari NTT memiliki keunggulan komparatif.  seperti Cendana, Kemiri, Madu.  Sebagaiman adiketahui bahwa, cendana mempunyai keunggulan di pasaran, Kemiri juga dikenal berkualitas tinggi, dan beberapa referensi mengatakan bahwa madu NTT kualitas satu dari segi kadar air.

Potensi HHBK di NTT dapat ditinjau dari beberapa aspek:

 

  • Waktu berproduski, seperti cendana dan gaharu yang memerlukan waktu yang cukup lama, jangka menengah misalnya bamboo.  dibeberapa kabupten di flores potensinya mencapai 1 juta batang/tahun. Sutera alam, yang kita kenal saat ini sutera alam lebih banyak pakannya dipenuhi dari daun murbei, padahal potensi pakan dari mahoni dan jambu mete dapat dimanafaatkan dan potensinya sangat melimpah di NTT. Kutu lak seperti banyak dikembangkan di Sumba Timur dan beberapa kabupaten di Pulau Flores.
  • Aspek pasar: beberapa potensi sudah jelas pasaranya, ada beberapa yang gampang-gampang susah, seperti bamboo, seperti saat ini bambu lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sendiri. Lebah Madu: Baru menjangkau untuk pasar2 lokal, dan belum ada pemain besarnya, demikian juga Lak dll.

 

Bagaimana untuk mengoptimalkan potensi yang ada? Kondisi yang menghambat: gaharu telah ditemukan inokulannya, teknik tersebut bagaimana/memungkinkankah untuk diterapkan pada cendana untuk mempercepat produksi cendana.

Aspek pemasaran, bagaimna kontribusi penelitian untuk membantu akses pasar, ataukah membuka peluang pasar untuk beberapa komoditas potensial di NTT. Dinas Kehutanan Provinsi sangat mendukung kegiatan ini, dan mengapresiasi dukungan kapuslit kehutanan atas berkenannya hadir dalam acara ini.

Terimakasih dan apresiasi juga untuk peserta yang hadir yang telah meluangkan waktu, dan kami harapkan kepada dinas-dinas terkait di kabupaten/kota untuk mendapatkan masukan  dan pada saatnya untuk mengaplikasikannya ditempatnya masing-masing