Jumat, 10 Maret 2017 - 14:00:00 WITA
Workshop penggunaan Aplikasi Reference Manager 'Mendeley'
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Konservasi - Dibaca: 263 kali

Kupang (8/3/2017) - Pengelolaan referensi ilmiah yang baik akan menunjang keakurasian data sitiran dalam sebuah artikel ilmiah. Saat ini, para peneliti dan akademisi terbantu oleh keberadaan aplikasi refence manager dan Mendeley merupakan salah satu aplikasi yang populer digunakan.

Berkenaan dengan hal tersebut maka Seksi Data, Informasi dan Sarana Penelitian pada Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungandan Kehutanan Kupang (BPLHKK) menyelenggarakan sebuah workshop bertajuk 'Pengetahuan Praktis Penggunaan Mendeley'. Kegiatan ini bertujuan membekali para peneliti dan teknisi pengetahuan praktis dalam hal pengoperasian Mendeley, proses instalasinya, pengenalan feature, proses input metadata serta proses insert sitasi pada lembar kerja microsoft word.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan selama kegiatan para peserta bertukar pikiran tentang kendala-kendala pengoperasian Mendeley. Beberapa kesalahan umum yang terjadi adalah: peserta lupa melakukan proses sinkronisasi dengan server Mendeley setelah mereka menyelesaikan proses input data. Selain itu, para peserta kurang jeli mengisi elemen metadata yang diperlukan sehingga data tampilan sitasi kurang lengkap. Diharapkan, para peserta tetap berlatih guna meningkatkan kemampuan teknis menggunakan aplikasi Mendeley tersebut. ***pinusa***