Hutan Penelitian Oelsonbai

Sejarah Pengelolaan

Stasiun Penelitian Oelsonbai didirikan pada tahun 1987, terletak di Kelurahan Fatukoa, Kecamatan Maulafa Kota Kupang.

Luas wilayah unit satuan pengelolaan ini 21,82 ha, menempati Kawasan Hutan Produksi yang Dapat Dikonversi (HPK) Kali Kupang (RTK 174).

Pada awalnya Stasiun Penelitian Oelsonbai ditujukan bagi penelitian dan pengembangan penangkaran satwa liar. Namun saat ini kegiatan utama diperluas melalui kegiatan Pemuliaan Cendana dan Manajemen Pengelolaan KHDTK.

Kondisi Fisik Wilayah

Kondisi fisik tanah didominasi oleh tanah grumosol dan lempung berpasir dengan dominan kelerengan yang datar. Curah hujan rata-rata 800-950 mm/tahun dengan hari hujan rata-rata 74 hari per tahun. Suhu rata-rata 27 derajat C dengan ketinggian tempat antara 350-400 m di atas permukaan laut. Vegetasi penutup yang dominan adalah akasia (Acacia auriculiformis) dan jati (Tectona grandis) hasil reboisasi tahun 1980 an. Terdapat aliran sungai yang dapat memenuhi kebutuhan air sepanjang tahun yakni bagian hulu Kali Kupang. Lokasi wilayah juga berbatasan langsung dengan Kawasan Hutan "Flobamora" yang telah dicanangkan oleh Gubernur NTT sebagai kawasan penghijauan terpadu Propinsi NTT

Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat

Masyarakat di sekitar Stasiun Penelitian Oelsobai sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Kadangkala secara periodik masyarakat memanfaatkan hasil dari kawasan hutan berupa kayu bakar untuk keperluan konsumsi atau sebagai komoditi yang diperjualbelikan sebagai tambahan penghasilan. Secara sosial budaya, keterkaitan dan ketergantungan masyarakat sekitar kawasan dengan hutan sudah cukup baik ditunjukkan oleh cukup terjaganya kawasan hutan dari kegiatan pencurian kayu maupun penyerobotan kawasan hutan. Demikian pula interaksi sosial yang yang terjadi antara pengelola hutan penelitian dengan masyarakat sudah cukup baik, dimana masyarakat dilibatkan dalam kegiatan pengelolaan, misalnya dalam kegiatan pembuatan persemaian, pemeliharaan demplot penelitian dan pemeliharaan kawasan.